MELAWAN DISKRIMINASI TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI PENDIDIKAN INKLUSIF PADA TINGKAT SMP
Keywords:
Pendidikan Inklusif, Anti Diskriminasi, Anak Kebutuhan Khusus.Abstract
Pendidikan inklusif merupakan pendidikan hak asasi dan ini merupakan pendidikan yang baik untuk meningkatkan toleransi sosial. Tulisan ini merupakan suatu upaya untuk menggali dan memahami pentingnya sikap anti diskriminasi terhadap Anak Kebutuhan Khusus (ABK) melalui pendidikan inklusif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan membaca literatur yang terpercaya. Dari metode dan teknik kajian ini, penelitian ini sampai pada sebuah kesimpulan tentang pentingnya sikap anti diskriminasi terhadap Anak Kebutuhan Khusus melalui pendidikan inklusif, agar tercipta persahabatan yang harmonis utamanya dikalangan pelajar.
References
Nugroho, Agung. Dkk. “ Model dan Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi.” Jurnal Pendidikan perkHasa Vol. 2 No.2 (Oktober 2016): 148.
Nugraheni, Dewi. Dkk. “Pendidikan Inklusif Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus.” (2019): 24-25.
Hasan,Y.2009. Sistem Pendidikan Inklusi Memberantas Diskriminasi. Padang. Perpustakaan Uviversitas Padang, hlm. 4.
Evi, B. 2016. Diskriminasi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Akses Pendidikan Formal. Tersedia dari https://sahabatkapas.org/diskriminasi-anak-berkebutuhan-khusus-dalam-akses-pendidikan-formal/.
Goreta, Dkk. “Religiusitas sebagai Bagian dari Pendidikan Karakter Peserta Didik.” Research and Development Journal of Education vol.7 no. 1 (April 2021): 555
Hendriyanto. 2022. Pendidikan inklusif solusi mencegah diskriminasi. Tersedia dari https://ditpsd.kemdikbud.go.id/pendidikan-inklusif-solusi-mencegah-diskriminasi.
Septy, N. 2023. Implementasi Pendidikan Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah Dasar. Jawa Barat: CV Jejak.
Agnes, M. 2024. Tujuan Pendidikan Inklusif. Tersedia dari https://blog.kejarcita.id/tujuan-pendidikan-inklusi/.
Sugiono. 2018. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Aulia, Windi. "Model dan Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi." (2016): 14.
Jauhari, Auhad. “Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas." IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol. 1 No.1 (Desember 2017): 31.
Jamaludin, Gilang Maulana, Dkk. "Menanamkan Karakter Toleransi di Sekolah Dasar Inklusi melalui Pendidikan Multikultural." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anjelina Bridget Bantun, Zakeus Sabu, Frans Fandy Palinoan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.