PENTINGNYA PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Inelta Paseno STIKPAR Toraja
  • Kristin Pali
  • Risma Taruk
  • Patrio Tandiangga

Keywords:

Pendidikan Inklusif, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti

Abstract

Pendidikan inklusif merupakan bentuk pelayanan dalam dunia pendidikan yang menawarkan kesempatan menempuh pendidikan berdasarkan porsi kebutuhan siswa dengan keterbatasan tertentu. Pendidikan inklusif sejalan dengan ajaran Gereja Katolik dalam dokumen Gereja Gravissimum Educationis  dan peraturan perundang-undangan. Pertanyaan yang sering kali timbul menyangkut pembahasan ini adalah “Bagaimana pendidikan inklusif dapat meningkatkan keterlibatan siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti?”, artikel sederhana ini merupakan bentuk upaya untuk eksplorasi untuk menjawab pertanyaan tentang “Pentingnya Penerapan Pendidikan Inklusif untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti”

References

Abdul Rahim. “Pendidikan Inklusif sebagai Strategi dalam Mewujudkan Pendidikan untuk Semua.” Jurnal Pendidikan 3, no. 1 (2016): 50-54.

Andriyani, Winda. “Implementasi Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta.” Jurnal Widia Ortodidaktika 1, no. 3 (2017): 307.

Baroroh, Esny. Rukiyanti. “Pandangan Guru dan Orang Tua tentang Pendidikan Inklusif di Taman Kanak-kanak.” Jurnal Obsesi 6, no. 5 (2022): 3949.

Fatkhul Arifin, Asep Supena, Yufiarti. “Praktik Pendidikan Inklusif.” E Journal 9, no. 1 (2023):198-208.

Indianto, Implementasi Pendidikan Inklusif, (Surakarta: FKIP UNS, 2013), 2.

Juntak, Justin Niaga Siman. “Mewujudkan Pendidikan untuk Semua: Studi Implementasi Pendidikan Inklusif di Indonesia.” Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah 5, no. 2 (Mei 2023): 207.

Siti Nurvitasari, Lisa Zakia Azizah. “Konsep dan Praktik Pendidikan Inklusi.” Jurnal Ilmiah e, no. 1 (2018):15-22.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2016), 367.

Widiada, I Ketut. “Implementasi Model Pembelajaran Inklusif bagi Peserta Didik Learning Disability di Sekolah Dasar Negeri Kota Mataram.” Jurnal Pendidikan 4, no. 4 (Desember 2021): 1028.

Published

2024-06-30

How to Cite

Paseno, I., Pali, K., Taruk, R., & Tandiangga, P. (2024). PENTINGNYA PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI. PA’ULU KARUA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Katolik, 1(1), 10–14. Retrieved from https://jurnal.stikpartoraja.ac.id/index.php/pk/article/view/3