PENTINGNYA PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI
Keywords:
Pendidikan Inklusif, Pendidikan Agama Katolik dan Budi PekertiAbstract
Pendidikan inklusif merupakan bentuk pelayanan dalam dunia pendidikan yang menawarkan kesempatan menempuh pendidikan berdasarkan porsi kebutuhan siswa dengan keterbatasan tertentu. Pendidikan inklusif sejalan dengan ajaran Gereja Katolik dalam dokumen Gereja Gravissimum Educationis dan peraturan perundang-undangan. Pertanyaan yang sering kali timbul menyangkut pembahasan ini adalah “Bagaimana pendidikan inklusif dapat meningkatkan keterlibatan siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti?”, artikel sederhana ini merupakan bentuk upaya untuk eksplorasi untuk menjawab pertanyaan tentang “Pentingnya Penerapan Pendidikan Inklusif untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti”
References
Abdul Rahim. “Pendidikan Inklusif sebagai Strategi dalam Mewujudkan Pendidikan untuk Semua.” Jurnal Pendidikan 3, no. 1 (2016): 50-54.
Andriyani, Winda. “Implementasi Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta.” Jurnal Widia Ortodidaktika 1, no. 3 (2017): 307.
Baroroh, Esny. Rukiyanti. “Pandangan Guru dan Orang Tua tentang Pendidikan Inklusif di Taman Kanak-kanak.” Jurnal Obsesi 6, no. 5 (2022): 3949.
Fatkhul Arifin, Asep Supena, Yufiarti. “Praktik Pendidikan Inklusif.” E Journal 9, no. 1 (2023):198-208.
Indianto, Implementasi Pendidikan Inklusif, (Surakarta: FKIP UNS, 2013), 2.
Juntak, Justin Niaga Siman. “Mewujudkan Pendidikan untuk Semua: Studi Implementasi Pendidikan Inklusif di Indonesia.” Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah 5, no. 2 (Mei 2023): 207.
Siti Nurvitasari, Lisa Zakia Azizah. “Konsep dan Praktik Pendidikan Inklusi.” Jurnal Ilmiah e, no. 1 (2018):15-22.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2016), 367.
Widiada, I Ketut. “Implementasi Model Pembelajaran Inklusif bagi Peserta Didik Learning Disability di Sekolah Dasar Negeri Kota Mataram.” Jurnal Pendidikan 4, no. 4 (Desember 2021): 1028.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Inelta Paseno, Kristin Pali, Risma Taruk, Patrio Tandiangga
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.