PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF

Authors

  • Yustina Ponglele STIKPAR Toraja
  • Eva Ria Tana STIKPAR Toraja
  • Anselmus Olprion Pasamman STIKPAR Toraja
  • Agustinus Sem Porak Tangke Liku
  • Petrus Bine Saramae STIKPAR Toraja

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Kreatif, Pendidikan Inklusif

Abstract

Pendidikan bagi anak yang berekebutuhan khusus menjadi perhatian pemerintah saat ini. Upaya dalam memeratakan pendidikan bagi setiap anak berkebutuhan khusus oleh pemerintah dilakukan dengan  pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi adalah upaya untuk mengembangkan keterampilan sosial bagi anak berkebutuhan khusus agar dapat berinterkasi dengan lingkungan sosial. Pendidikan inklusif juga menjadi adil bagi setiap anak berkebutuhan khusus untuk merasakan pendidikan yang dirasakan oleh anak-anak Normal pada umumnya. Proses pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus memiliki kerakteristik tersediri. Oleh sebab itu, artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pembelajaran kreatif dalam pendidikan inklusi. Artikel ini disusun dengan menggunakan desain tinjaun pustaka dengan memanfaatkan artikel sebelumnya untuk mengumpulkan data-data dan sumber kepustakaan. Paparan artikel ini dimaksudkan untuk memberikan literasi praktik pembelajaran kreatif dalam pendidikan inklusif. Artikel ini bertujuan agar dapat menerapkan strategi kreatif dengan baik. Strategi pembelajaran akan meningkatkan motivasi peserta didik di kelas. Penerapan strategi pembelajaran kreatif perlu dipahami dengan baik oleh seorang guru dalam kelas Inklusif. Seorang guru memiliki peran penting dalam proses pemebelajaran Inklusif. Guru tidak hanya menjadi pengajar dalam kelas inklusif tetapi juga memiliki peran yang memungkinkan mereka menjadi sahabat bagi anak berkebutuhan khusus. Penerimaan mereka sebagai teman dalam belajar dapat membuat mereka lebih nyaman saat belajar dalam kelas. Strategi pembelajaran kreatif akan disesuaikan dengan karakteristik ABK. Karakteristik yang dimiliki oleh ABK berbeda dengan anak yang lain sehingga menjadi tantangan yang perlu dihadapi guru dalam kelas inklusif.

References

Anggraini, R.L. (2014). Proses pembelajaran Inklusi untuk Anak berekebutuhan Khusus. Yogyakarta.

Atmaja, Jati Rinarki. (2019). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. PT Remaja Rosdakarya: Bandung

Yumono, Imam. (2021). Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Inklusi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(4), 2-3.

Yunaini, Norma. (2021). Model Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Journal of Elementary School Education. 1(1), 22.

Kustawan, D., & Hermawan, B. (2013). Model Implementasi Pendidikan Inklusif Ramah Anak. Luxima.

Neuman, W. L. (2015). Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Indeks.

Published

2024-06-30

How to Cite

Ponglele, Y., Eva Ria Tana, Anselmus Olprion Pasamman, Tangke Liku, A. S. P., & Bine Saramae, P. (2024). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF. PA’ULU KARUA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Katolik, 1(1), 15–18. Retrieved from https://jurnal.stikpartoraja.ac.id/index.php/pk/article/view/28