IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI ANAK YANG BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMA KATOLIK RANTEPAO

Authors

  • Arwin Dama STIKPAR Toraja
  • Victor STIKPAR Toraja
  • Patrio Tandiangga

Keywords:

Pendidikan, Inklusif, SMA Katolik, Rantepao, Guru, Siswa

Abstract

Pendidikan inklusif merupakan pendidikan yang diberikan secara kepada anak yang berkebutuhan khusus baik secara fisik, psikis dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk memberikan pendampingan kepada mereka yang berkebutuhan khusus agar mendapatkan pendidikan layaknya pelajaran pada umumnya. Oleh karena itu, SMA Katolik Rantepao sebagai sebuah lembaga pendidikan, terus menerus mendampingi siswa dan siswi yang berkebutuhan khusus sebagai upaya untuk mendamping serta memotivasi siswa tersebut untuk bangkit dari keterbatasan yang dimiliki dan mengembangkan kemampuan yang ia miliki. Pendidikan inklusif ini juga bertujuan untuk membantu peserta didik menemukan minat dan bakat yang mereka miliki. Peran guru dalam mendampingi siswa tersebut merupakan hal yang sangat penting. Dibutuhkan keterampilan serta kesabaran dari seorang guru agar dapat menerapkan pendidikan inklusif tersebut dengan baik.

References

Praptiningrum, N. “Fenomena Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Bagi Anak yang Berkebutuhan Khusus”.

Jurnal Pendidikan Khusus. Vol 7, no.2 (2010): 4.

Dokumen Konsili Vatikan II. Gravissium Educationis: Deklarasi Tetang Pendidikan Kristen.

Tanjung, Rahman dkk. “Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Pada Lembaga

Pendidikan Islam”. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 5, no.1 (Januari, 2022): 342.

Goreta dkk. “Religiusitas Sebagai Bagian dari Pendidikan Karakter Peserta Didik”. Research and Developent

Journal of Education, Vol. 7. No.1 (2021): 553.

Hasyim, Yachya. “Pendidikan Inklusif di SMK Negeri 2 Malang. Jurnal Kebijakan dan

Pengembangan Pendidikan. Vol 1, no. 2 (Juli, 2013):113.

Sudarto, Zaini. “Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif”. Jurnal

Pendidikan. Vol 1. No.1 (2016):11.

Rahim, Abdul. “Pendidikan Inklusif Sebagai Strategi Dalam Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua”.

Jurnal Pendidikan, Vol. 3. No. 1 (2016): 69.

Patampang, Carolus dkk. “Implementasi Nilai Inti dan Dampaknya Pada Lembaga Pendidikan”. Reseacrh and

Developent Journal of Education, Vol. 8. No.2 (2022): 895.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2016.

Goreta. “Meningkatkan Peran Guru Sebagai Pendidik Profesional dalam Pembelajaran Daring”. Jurnal

Euntes. Vol. No.2 (2020): 7.

Hidayat. Pengenalan dan Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus dan Strategi Pembelajarannya. Balikpapan:

Kegiatan Workshop, 2009.

Published

2024-06-30

How to Cite

Arwin Dama, Victor, & Tandiangga, P. (2024). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI ANAK YANG BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMA KATOLIK RANTEPAO. PA’ULU KARUA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Katolik, 1(1), 5–9. Retrieved from https://jurnal.stikpartoraja.ac.id/index.php/pk/article/view/5