IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI ANAK YANG BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMA KATOLIK RANTEPAO
Keywords:
Pendidikan, Inklusif, SMA Katolik, Rantepao, Guru, SiswaAbstract
Pendidikan inklusif merupakan pendidikan yang diberikan secara kepada anak yang berkebutuhan khusus baik secara fisik, psikis dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk memberikan pendampingan kepada mereka yang berkebutuhan khusus agar mendapatkan pendidikan layaknya pelajaran pada umumnya. Oleh karena itu, SMA Katolik Rantepao sebagai sebuah lembaga pendidikan, terus menerus mendampingi siswa dan siswi yang berkebutuhan khusus sebagai upaya untuk mendamping serta memotivasi siswa tersebut untuk bangkit dari keterbatasan yang dimiliki dan mengembangkan kemampuan yang ia miliki. Pendidikan inklusif ini juga bertujuan untuk membantu peserta didik menemukan minat dan bakat yang mereka miliki. Peran guru dalam mendampingi siswa tersebut merupakan hal yang sangat penting. Dibutuhkan keterampilan serta kesabaran dari seorang guru agar dapat menerapkan pendidikan inklusif tersebut dengan baik.
References
Praptiningrum, N. “Fenomena Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Bagi Anak yang Berkebutuhan Khusus”.
Jurnal Pendidikan Khusus. Vol 7, no.2 (2010): 4.
Dokumen Konsili Vatikan II. Gravissium Educationis: Deklarasi Tetang Pendidikan Kristen.
Tanjung, Rahman dkk. “Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Pada Lembaga
Pendidikan Islam”. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 5, no.1 (Januari, 2022): 342.
Goreta dkk. “Religiusitas Sebagai Bagian dari Pendidikan Karakter Peserta Didik”. Research and Developent
Journal of Education, Vol. 7. No.1 (2021): 553.
Hasyim, Yachya. “Pendidikan Inklusif di SMK Negeri 2 Malang. Jurnal Kebijakan dan
Pengembangan Pendidikan. Vol 1, no. 2 (Juli, 2013):113.
Sudarto, Zaini. “Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif”. Jurnal
Pendidikan. Vol 1. No.1 (2016):11.
Rahim, Abdul. “Pendidikan Inklusif Sebagai Strategi Dalam Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua”.
Jurnal Pendidikan, Vol. 3. No. 1 (2016): 69.
Patampang, Carolus dkk. “Implementasi Nilai Inti dan Dampaknya Pada Lembaga Pendidikan”. Reseacrh and
Developent Journal of Education, Vol. 8. No.2 (2022): 895.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2016.
Goreta. “Meningkatkan Peran Guru Sebagai Pendidik Profesional dalam Pembelajaran Daring”. Jurnal
Euntes. Vol. No.2 (2020): 7.
Hidayat. Pengenalan dan Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus dan Strategi Pembelajarannya. Balikpapan:
Kegiatan Workshop, 2009.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arwin Dama, Victor, Patrio Tandiangga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.